SDN 1 KALIKOA KAB. CIREBON

Gethol Ginau Goleti Elmu

Isi buku tamu ya....

 photo 2015_1.png  photo selamat datang_2.gif Terima kasih telah berkunjung

Denger musik di sini

Menuju Revitalisasi

SDN 1 Kalikoa

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Selayang Pandang

Oleh Admin 02-07-2015 18:53:22

SELAYANG PANDANG SDN 1 KALIKOA

( S E J A R A H )

Sekolah Dasar Negeri 1 Kalikoa berdiri semenjak zaman penjajahan Belanda, atau tepatnya berdiri sebelum tahun 1945 dan disebut sebagai sekolah pribumi dengan tempat belajarnya menempati bangunan rumah milik penduduk yang dihuni (sekarang di RT 02/RW 01 Blok Sidada).Seiring dengan perubahan waktu, Indonesia Merdeka pada tahun 1945. SD N 1 Kalikoa mendapat izin operasional dengan predikat SR (Sekolah Rakyat) 3 tahun. Tempat kegiatan belajar yang ada awalnya menggunakan rumah penduduk, kemudian pindah ke lokasi baru yaitu di lingkungan kantor balai desa Kalikoa, tempat kegiatan belajarnya menggunakan sebagian ruang balai desa dan rumah penduduk yang berada di sekitar kantor balai desa.

Pada tahun 1960 barulah ada pemikiran dari kalangan tokoh masyarakat Kalikoa untuk mendirikan gedung sekolah yang permanen. Maka semenjak tahun itu pulalah tokoh masyarakat bersama masyarakat dan pemerintahan bergotong royong mendirikan bangunan gedung sekolah. Tanah lokasi yang digunakan untuk mendirikan gedung sekolah tersebut adalah tanah bengkok desa, bahan-bahan bangunannya hasil dari swadaya masyarakat, sehingga akhirnya berdirilah gedung sekolah yang permanen tersebut pada tahun 1962.

Pada tahun 1962 operasional pembelajaran menempati gedung baru dengan tiga ruang belajar. Dan memang kelasnyapun hanya sampai kelas 3 saja, setelah kelas 3 maka anak-anak akan meneruskan ke kelas 4 pindah sekolah ke lain desa. Meskipun baru ada 3 kelas, kegiatan pembelajaran tetap berjalan dengan penuh semangat, kegiatan ekstrakurikulernya-pun berjalan dengan baik seperti kegiatan Pramuka. Perlu diketahui bahwa salah satu sekolah Kabupaten Cirebon yang pertama kali mendaftarkan diri dan terdaftar sebagai Gugusdepan Gerakan Pramuka adalah sekolah yang ada di Kalikoa (sekarang SDN 1 Kalikoa) yaitu pada tahun 1962 yang dirintis oleh Bapak H. Ahmad M. Asafar, dimana pada waktu itu Gerakan Pramuka Indonesia juga baru beriri sekitar tahun 1961.

Pergantian nama dari Sekolah Rakyat (SR) menjadi Sekolah Dasar (SD) diawali ketika bergulir Inpres tentang pendidikan dasar, yang dulu disebut SR 3 tahun kemudian menjadi SD Negeri Kalikoa dengan jumlah ruang belajar masih 3 ruang, tetapi kegiatan pembelajarannya sampai dengan kelas 6. Baru pada tahun 1979 SD Negeri Kalikoa mendapat tambahan ruang belakas 1 kelas.Bertambahnya penduduk berdampak pada bertambahnya anak usia sekolah yang mesti dapat ditampung di SD. Maka SD Negeri Kalikoa 1 (untuk sekolah induk) dan SD Negeri Kalikoa 2 untuk sekolah yang baru berdiri, dengan komposisi bangunan gedung tempat pembelajaran SD Negeri Kalikoa 1 mempunyai 2 bangunan yang letaknya di sebelah barat jalan (sekarang kantor kepala sekolah, kantor guru dan 3 ruang kelas) dan di sebelah timur jalan (sekarang digunakan TK PGRI Kalikoa dan ruang kelas 1) sedangkan untuk SD Negeri Kalikoa 2 juga memiliki 2 bangunan yang letaknya di sebelah barat dan sebelah selatan gedung SD Negeri Kalikoa 1 (sekarang 1 ruang kelas dan aula).

Pemisahan SD tersebut tidak bertahan lama, akhirnya pada tahun 2000 kedua SD kembali melebur menjadi satu sekolah yang disebut SD Negeri Kalikoa, dan mendapat rehabilitas gedung sekolah dari World Bank (Bank Dunia) melalui pemerintah Indonesia, dan seperti sekarang inilah bentuk wajah gedung SD (sekarang SD Negeri 1 Kalikoa). Setelah menyatu menjadi SD Negeri Kalikoa, SD mendapat julukan kehormatan sebagai berikut; 1) pada tahun 2003 SD mendapat kehormatan dengan Julukan SD Rujukan Kabupaten Cirebon dan SD Pusat Pembinaan Teknik Kurikulum (BINTEK); 2) pada tahun 2004 yaitu pada masa kepemimpinan Bapak Bunyamin, S.Pd. SD Negeri Kalikoa oleh pemerintah (Dinas Pendidikan) namanya diganti atau tepatnya ditambah menjadi SD Negeri 1 Kalikoa, pada tahun itu juga SD mendapat predikat SD sehat se-Kabupaten Cirebon; 3) Bulan Juni 2006 SD dicalonkan sebagai SD Berbudaya Lingkungan oleh Pemerintah Kecamatan Kedawung dan lolos sebagai SD Berbudaya Lingkungan binaan Pemerintah Kab. Cirebon; 4) Tahun 2006 mendapat predikat SD terakreditasi A (Amat Baik) dan sebagai SD sehat binaan Kecamatan/Puskesman Kedawung; 5)  pada tahun 2007 sebagai TK-SD Satu Atap tingkat Propinsi Jawa Barat dan; 5) Tahun 2008 SD mendapat kepercayaan sebagai Sekolah Standar Nasional (SD-SN) salah satu dari 4 SD yang terpilih di Kab. Cirebon.

(Amet) Slamet Firdaus, S.PdI, Cirebon, 20 April 2011

Guru SDN 1 Kalikoa